Ini Tiga Program Prioritas Jakut Atasi Banjir

By Admin


nusakini.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Utara memprioritaskan tiga program penanganan banjir. Tiga program prioritas tersebut yakni, normalisasi kali, perbaikan pompa dan turap. 

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Utara, Herning Wahyuningsih mengatakan, pengerukan lumpur dan turap kali pada enam wilayah kecamatan sudah dilakukan sejak Januari 2017 dengan mengerahkan 20 eskavator. 

“Tahun ini kami prioritasnya tiga program. Yaitu pengerukan lumpur, baik itu di kali, saluran penghubung dan saluran air di lingkungan warga. Kemudian perbaikan pompa dan turap kali," ucap Herning

Dia menambahkan, pengerukan dilakukan dengan kedalaman rata-rata 1,5 sampai tiga meter, sesuai lintas air dari hulu sampai hilir. 

Untuk normalisasi kali, lanjut Herning, saat ini sedang dilakukan di Kali Ancol, Tanjungan, Ring Road, Banglio, Cilincing Raya, Petukangan, saluran PHB Swasembada, Mawar, Sunter Kresek.

Selain itu, Sudin SDA Jakut juga sudah memperbaiki pompa air yang ada di 14 rumah pompa. Saat ini, kata Herning, seluruh pompa dalam kondisi siap dioperasikan untuk mengatasi genangan.(pr/kj/al)